Mengedit audio dengan Adobe Audition 1.5

Mengolah Suara dengan Adobe Audition
A. Tujuan
Mampu melakukan pengeditan suara menggunakan Adobe Audition.
B. Mengolah Suara dengan Adobe Audition
Adobe Audition adalah multitrack digital audio recording, editor dan mixer yang udah digunakan dan memiliki berbagai fasilitas pengolahan suara. Dengan Adobe udition Anda dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. Adobe Audition banyak digunakan oleh musician recording master, demo cd, produser atau programing stasiun radio. Secara umum Adobe Audition memiliki dua lingkungan yaitu Edit View and Multitrack.
View. Edit View sesuai namanya ditujukan terutama untuk menangani editing satu waveform saja pada satu saat. Sementara Multitrack View dapat menangani beberapa waveform sekaligus pada beberapa track. Anda dapat menggunakan kedua lingkungan ini secara bergantian pada tampilan terpisah. Latihan berikut akan memandu Anda untuk mengenal Adobe Audition yang dimulai dari lingkungan Edit Waveform View
1. Mengenal tampilan Edit View
Anda dapat menggunakan Edit View untuk merekam, memainkan, mengubah dan mengedit satu waveform. Juga, Anda dapat menambah efek suara hingga mengurangi noise.
Modul Multimedia | Teknik Informatika | STMIK AMIKOM | 2006 1
MODUL #1 Mengolah Suara dengan Adobe Audition
Tampilan tipikal Edit View
2. Memainkan file suara
Untuk memulai latihan bukalah dokumen dengan nama Saleen_Ambient_Bed.wav menggunakan menu File > Open.
Karena stereo maka pada Waveform Display akan terlihat bentuk waveform yang terdiri dari dua bagian. Bagian atas menunjukkan channel kiri dan bawah berarti channel kanan.
Waveform Display
Anda dapat mendengarkan suara seluruh waveform dengan menekan tombol Play, dan Playback cursor akan berjalan dari kiri ke kanan.
Modul Multimedia | Teknik Informatika | STMIK AMIKOM | 2006 2
MODUL #1 Mengolah Suara dengan Adobe Audition
3. Menggunakan Zoom
Berikut latihan yang tidak kalah pentingnya yaitu bagaimana mengatur tampilan waveform agar dapat melihat waveform secara lebih detil. Secara umum Anda dapat mengontrol tampilan waveform secara horisontal dan vertikal. Secara horisontal Anda dapat menggunakan tombol Horisontal Zoom di bagian bawah layar, dan secara vertikal dengan tombol Vertical Zoom di bagian kanan layar.
4. Menggunakan Horisontal Zoom,
Zoom In berguna untuk memperbesar tampilan waveform dari tengah pointer. Klik tombol Zoom In beberapa kali, maka tampilan waveform akan menjadi lebih detil.
Horisontal Zoom: (atas) Zoom In, Zoom Out, Zoom Full, (bawah) Zoom to Selection, Zoom to Left of Selection, Zoom to Right of Selection
Geser dengan Time Ruler
Setelah itu gunakan Time Ruler di bagian bawah layar atau Display Range Bar di bagian atas layar untuk menggeser tampilan waveform secara horisontal.
Geser dengan Display Range Bar
Modul Multimedia | Teknik Informatika | STMIK AMIKOM | 2006 3
MODUL #1 Mengolah Suara dengan Adobe Audition
Kebalikan dari Zoom In, Zoom Out berguna untuk mengembalikan tampilan waveform. Klik Zoom Out beberapa kali. Dan Zoom Full berguna untuk menampilkan seluruh waveform.
Zoom to Selection berguna untuk memperbesar tampilan waveform pada bagian yang terseleksi saja. Anda dapat menyeleksi waveform dahulu, kemudian klik tombol Zoom to Selection. Zoom to Left of Selection/ Zoom to Right of Selection berguna untuk memperbesar tampilan bagian kiri/ kanan waveform yang terseleksi.
5. Menggunakan Vertical Zoom
Vertical Zoom: Zoom In, Zoom Out
Zoom In berguna untuk memperbesar skala vertikal pada amplitude ruler. Zoom Out berguna untuk memperkecil skala vertikal pada amplitude ruler. Klik tombol Zoom In beberapa kali, maka tampilan waveform akan membesar secara vertikal. Dan gunakan Amplitude Ruler untuk menggeser tampilannya secara vertikal.
Geser dengan Amplitude Ruler
6. Menyeleksi Waveform
Berikutnya Anda dapat menyeleksi sebagian waveform dengan klik tombol kiri dan drag ke kanan atau kiri. Maka akan terlihat blok dengan warna lain. Tekan tombol Play lagi untuk memainkan sebagian waveform. Anda dapat pula menyeleksi sebagian waveform pada salah satu channel dengan cara sama. Arahkan pointer ke bagian atas channel kiri untuk memilih channel kiri saja, atau bagian bawah channel kanan untuk memilih channel kanan saja.
Modul Multimedia | Teknik Informatika | STMIK AMIKOM | 2006 4
MODUL #1 Mengolah Suara dengan Adobe Audition
Menyeleksi sebagian waveform
Dan untuk dapat memilih semua channel lagi, klik pada bagian tengah antara channel kiri dan kanan.
Menyeleksi sebagian waveform pada channel kiri
Anda dapat pula menyeleksi seluruh waveform dengan double klik.
Menyeleksi seluruh bagian waveform
7. Melakukan editing dasar
Setelah Anda dapat menyeleksi waveform, kini Anda dapat berlatih untuk melakukan editing dasar, yaitu Cut, Copy, Paste dan Mix. Copy berguna untuk memindahkan bagian waveform yang terseleksi ke dalam internal clipboard. Cut berguna untuk memotong bagian waveform yang diseleksi dan memindahkannya ke dalam internal clipboard. Paste berguna untuk menambahkan data dari internal clipboard pada insertion point atau menggantikan bagian waveform yang terseleksi. Mix Paste hampir sama dengan Paste, bedanya Mix Paste akan mencampur antara waveform yang terseleksi atau mulai insertion point dengan data internal clipboard.
Modul Multimedia | Teknik Informatika | STMIK AMIKOM | 2006 5
MODUL #1 Mengolah Suara dengan Adobe Audition
8. Cut
Anda dapat menyeleksi sebagian waveform, misalnya bagian akhir.
Menyeleksi bagian akhir waveform
Dan kemudian gunakan menu Edit > Cut. Maka bagian waveform yang terseleksi akan hilang, dan perhatikan panjang waveform setelah dipotong. Dan tekan tombol Play untuk mendengarkan hasilnya.
Waveform setelah dipotong dengan Cut
9. Paste
Berikutnya Anda dapat memindahkan data dari internal clipboard pada satu titik tertentu atau menggantikan bagian waveform yang terseleksi. Anda dapat memindahkan pointer ke posisi ke 0:05.000. Kemudian gunakan menu Edit > Paste.
Menambah waveform dengan Paste
Perhatikan waveform bertambah panjang. Dan tekan tombol Play untuk mendengarkan hasilnya. Selain itu Anda dapat menyeleksi bagian waveform dahulu.
Modul Multimedia | Teknik Informatika | STMIK AMIKOM | 2006 6
MODUL #1 Mengolah Suara dengan Adobe Audition
Menyeleksi bagian waveform
Kemudian menggantikan bagian waveform yang terseleksi dengan data dari internal clipboard dengan menu Edit > Paste. Kemudian tekan tombol Play untuk mendengarkan hasilnya.
Menggantikan bagian waveform yang terseleksi
10. Mix Paste
Untuk mencoba Mix Paste Anda dapat membatalkan perintah terakhir dengan menu Edit > Undo. Kemudian gunakan menu Edit > Mix Paste. Maka akan muncul Mix Paste Dialog di mana Anda dapat mengatur setting pencampuran waveformnya. Kemudian akhiri dengan menekan tombol OK. Dan tekan tombol Play untuk mendengarkan hasilnya.
Mix Paste Dialog
Modul Multimedia | Teknik Informatika | STMIK AMIKOM | 2006 7
MODUL #1 Mengolah Suara dengan Adobe Audition
Waveform bercampur dengan data internal clipboard
C. Tugas
Edit sebuah lagu menjadi berdurasi 30 detik.
(Waktu pengerjaan selama 10 menit, dan dikumpulkan ke server. Hubungi asisten untuk format nama file dan penyimpanannya. Selamat mengerjakan).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: